SEKEDAR UNTUK KENANG-KENANGAN dan SEKEDAR INGIN BERBAGI ! klik disini untuk info

10 etika berkomputer


Etika berkomputerAda 10 etika dasar berkomputer yang sebenarnya harus di pegang teguh oleh pemakai komputer. Akan tetapi, sepertinya etika itu banyak yang tidak dihiraukan (termasuk saya) dan hanya menjadi sebuah etika tertulis saja yang dilanggar oleh banyak orang. 10 etika berkomputer tersebut diantaranya:


1. Tidak menggunakan komputer untuk menekan orang


Maksudnya (mungkin), komputer digunakan oleh hacker untuk masuk ke sistem komputer orang lain dan kemudian mengancam orang tersebut dengan berbagai cara. Hal ini dilarang. :p


2. Tidak mengintervensi komputer untuk menekan orang


3. Tidak merekam file komputer orang lain


Tidak mengcopy file komputer orang lain tanpa seijin pemilik file. :p


4. Tidak menggunakan komputer untuk pencurian


Komputer digunakan oleh cracker untuk mencuri data kartu kredit seseorang untuk kemudian digunakan secara ilegal untuk membeli suatu produk lewat internet dengan kartu kredit tersebut. Hal ini dilarang. :p


5. Tidak menggunakan komputer untuk keinginan yang salah


6. Tidak mengkopi program komputer yang menjadi milik orang lain tanpa membayarnya


Seseorang menggunakan suatu program (software) tanpa license yang legal atau bisa dikatakan membajak program (software). Hal ini yang sepertinya marak dikalangan kita. Tidak perlu jauh-jauh memberi contoh. Jika Anda menggunakan Sistem Operasi Windows (XP, Vista, 7), sudah legalkah Sistem Operasi Windows Anda? Sebagian besar pasti membajak (iya kan?). :p


Hal ini dilarang (akan tetapi hal ini menjadi pertanyaan, apakah hal ini sudah tidak kita lakukan? –> jawabannya dominan masih).  :p


Untuk saya sendiri, alhamdulillah saya menggunakan yang legal. Saya menggunakan Windows 7 Ultimate Release Candidate yang dilegalkan dan di gratiskan sampai dengan pertengahan tahun 2010 (Mei 2010). Akan tetapi setelah masa gratis habis, selanjutnya saya tidak tahu :( (


7. Tidak menggunakan komputer orang lain tanpa mendapatkan otorisasinya


Kita menggunakan komputer orang lain tanpa ijin dari pemilik komputer. Atau bisa juga hak akses kita ke komputer orang lain hanya dibatasi sebagai Guest saja, lalu kita mencari cara untuk membuat hak akses kita menjadi Administrator tanpa sepengetahuan pemilik komputer. Hal ini dilarang. :p


8. Tidak mencetak intelektual milik orang


9. Berpikir dari akibat sosial dari program yang kita desain dan tulis


10. Menggunakan komputer untuk kepentingan yang baik bagi manusia


Penggunaan komputer diharapkan berguna dan dapat membantu orang lain menyelesaikan suatu permasalahan yang sekiranya mampu diselesaikan dengan bantuan komputer.


Sekedar informasi, 10 etika dasar ini saya dapatkan dari modul mata kuliah Analisis Desain Sistem Informasi (ANSI) yang saya dapatkan untuk kemudian beberapa etika tersebut saya uraikan berdasarkan pendapat saya. Kurang lebihnya, saya mohon maaf. ;)