SEKEDAR UNTUK KENANG-KENANGAN dan SEKEDAR INGIN BERBAGI ! klik disini untuk info

hindari mencium foto

Kita semua pasti tahu dan pernah cuci cetak foto. Pasti diantara kita ada yang tidak mau berlama-lama menunggu hasil dari foto yang di cetak alias pengen yang express. Saat ini banyak sekali toko penyedia jasa cuci cetak express yang mempromosikan bahwa mereka bisa cuci cetak dalam waktu singkat. Hal ini adalah benar-benar untuk memuaskan para konsumen mereka terutama para fotografer yang ingin segera melihat hasil bidikannya.


Menurut informasi yang saya dapatkan dari berbagai sumber, proses cetak foto itu adalah sebagai berikut :

Proses untuk menghasilkan gambar dari sistem cuci cetak express adalah merupakan suatu proses kimia, yang disebut dengan sistem garam perak.
Kertas film disinari — alkali kuat menampakkan gambarnya – asam keras menetapkan gambarnya.

Setelah asam dan basa netral maka akan dihasilkan garam, maka harus disiram dengan air untuk membersihkan garamnya, setelah itu lalu dikeringkan, maka jadilah foto.

Umumnya dalam proses pencucian dengan air yang normal, paling tidak setengah jam baru dapat mencuci bersih secara keseluruhan. Tetapi, sekarang untuk mengejar cetak express, lalu diganti dengan hanya menggunakan alat rol untuk menekan garamnya agar keluar, sehingga pasti masih ada sisa garam yang tertinggal. Sisa garam ini mengandung racun bila tertelan.

Separah apakah racun ini ??? Ia bisa mengakibatkan bahan stainless jadi berkarat. Jika racun garam ini sebegitu jahatnya, lalu mengapa masih menggunakan sistem cuci cetak yang express? He..hee..mau nggak kalau dibilang bahwa ini kesalahan pelanggan yang terus menerus minta agar fotonya bisa dicuci cetak dengan segera? Yang jelas, ini merupakan masalah adanya demand dan supply sehingga timbul kondisi kehidupan dengan permasalahan barunya.

Pokoknya, demi kesehatan, jangan sekali-kali mencium foto, walaupun itu foto orang yang kita sayangi ( kecuali kalau sudah diberi pigura /bingkai, karena sudah terhalang oleh kaca ).